Halaman

Senin, 04 November 2019

wisata timor leste


Wisata Timor Leste

         Pantai Pasir Putih, salah satu jajaran pantai terindah di Dili yang cocok untuk berwisata bersama keluarga dan teman-teman.

Pantai pasir putih di Dili
    Pantai pasir putih di Dili via winnyradc.wordpress.com
Tidak jauh dari Patung Kristus Raja, terdapat sebuah pantai yang bernama pantai pasir putih. Pantai ini dinamakan pantai pasir putih karena pasirnya yang berwarna putih kemilau. Lokasinya pun tak jauh dari patung Cristo Rei.
Di sini kamu bisa mandi dan menikmati keindahan pantai, atau juga bisa nongkrong santai sambil quality time bersama teman-teman dan keluarga. Sama halnya dengan destinasi lainnya, pantai pasir putih ini paling ramai dikunjungi pada waktu sore hari dan pada saat musim libur natal dan tahun baru.


        Kalau di Indonesia punya Raja Ampat, Timor Leste punya Pulau Jaco. Salah satu wisata andalan dan terindah di Timor Leste!

Pulau Jaco, east timor. Gk kalah dengan Raja Ampat!
        Pulau Jaco, east timor. Gk kalah dengan Raja Ampat! via abctraveler.com
Pulau Jaco merupakan pulau kecil yang berada di ujung Timor Leste, tepatnya di distrik Lautem. Untuk menuju ke Pulau Jaco ini, teman-teman cukup mambayar US$ 10 atau sekitar Rp 130. 000 per orang dengan menaiki kapal nelayan.
Luar biasa deh kalau kamu bisa mampir ke sini. Tempatnya benar-benar seperti nirwana di dunia, sejuk, airnya jernih, angin laut yang semilir, dan bulir pasirnya yang lembut dan putih dijamin bakalan bikin kamu semua nyaman berada di Pulau Jaco.
Paradise di Timor Leste
Paradise di Timor Leste via www.overseastravel.gr
ADVERTISEMENT
Di sini kamu bisa bebas berenang dan menikmati keindahan bawah laut Pulau Jaco sepuasnya. Berbagai jenis ikan yang berwarna-warni, terumbu karang yang masih terjaga kelestariaannya, dan penyu hidup secara alami di pulau ini. Keindahannya ini menjadikan Pulau Jaco layak dikatakan sebagai “paradise” Timor Leste.



4. Sebagai simbol penghormatan atas kunjungan Paus Yohanes II, Timor Leste membuat patung replikanya yang megah di kota Dili.

Patung Paus Yohanes Paulus II di Tasi Tolu,Dili
       Patung Paus Yohanes Paulus II di Tasi Tolu,Dili via www.flickriver.com
Paus Yohanes Paulus pernah mengunjungi Timor-Timur (sebelum merdeka) pada 12 Oktober 1989. Untuk mengenang kedatangannya, pemerintah Timor Leste membuat replika patung Paus Yohanes Paulus II pada tahun 2007.
Selain berfungsi sebagai tempat ziarah, lokasi ini juga dimanfaatkan sebagai tempat berwisata, mengingat lokasinya juga sangat berdekatan dengan danau Tasi Tolu di Dili.


Eksotisme danau Tasi Tolu dari bukit Tasi Tolu Dili via en.wikipedia.org


Jejak pejuang Fretilin di Taman Makam Pahlawan Santa Cruz, Dili
       Jejak pejuang Fretilin di Taman Makam Pahlawan Santa Cruz, Dili via lifetoreset.wordpress.com
Masih ingatkan kamu dengan peristiwa pelanggaran Hak Asasi Manusia yang sering kita dikenal dengan istilah pelanggaran HAM Santa Cruz? Mungkin tempat ini bisa mengingatkanmu kembali. Ya, pemakaman Santa Cruz ini adalah saksi bagi rakyat Timor Leste dalam meraih kemerdekaannya.
Di sini kamu dapat menjumpai makam para pejuang Fretilin (Frente Revolucionária de Timor-Leste Independente ) yang dalam bahasa Portugis adalah sebuah gerakan pertahanan yang berjuang untuk kemerdekaan Timor Timur.




     Gunung Ramelau, gunung tertinggi di Timor Leste. Selain bisa untuk pendakian, gunung ini juga tempat untuk ziarah ke pada Bunda Maria.

Patung Bunda Maria di puncak Gunung Ramelau, Timor Leste
      Patung Bunda Maria di puncak Gunung Ramelau, Timor Leste via backpackstory.me
Gunung Ramelau terletak di distrik Ainaro, dan merupakan gunung tertinggi di Negara Timor Leste. Gunung ini bukan sembarang gunung, karena selain memiliki keindahan yang luar biasa, di puncak Gunung Ramelau ini terdapat patung Bunda Maria yang megah dan kokoh.
Selain untuk wisata pendakian, Gunung Ramelau ini juga merupakan tempat ziarah. Setiap bulan, umat Katolik Timor Leste berziarah menuju patung Bunda Maria yang terlihat begitu indah. Di atas puncak Ramelau, rata-rata suhu minimun 18.1 derajat dan maksimun sampai dengan 22.8 derajat.
        4 years ago By Cornelio Aniceto Menezes
Featured Image
Timor Leste, mungkin kawan-kawan tak asing lagi dengan nama negara ini. Pernah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), membuat Timor Leste punya hubungan yang erat dan banyak menyimpan kenangan manis bersama Indonesia.
Meski wilayahnya kecil, negara bekas jajahan Portugal ini merupakan negara yang banyak menyimpan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Alam dan budaya di Timor Leste merupakan saksi nyata akan perjalanan masyarakat Timor Leste dalam menghadapi dinamika politik yang silih berganti.
Jika kamu dulu pernah menginjak tanah Timor-Timur (sebelum merdeka), entah itu lahir di Timor-Timur atau pun yang pernah bekerja di negara ini, tentunya tidak akan pernah melupakan keindahan negara berjulukan matahari terbit ini. Beberapa destinasi wisata yang terdapat di Timor Leste merupakan bukti bahwa negara yang  merdeka di tahun 2002 ini merupakan negara dengan perjalanan sejarah dan kebudayaan yang panjang.
Selain itu, beberapa destinasi wisata yang terdapat di Timor Leste juga menggambarkan peran penting Negara Indonesia dalam membangun wajah Timor-Timur (sebelum merdeka).  Nah, berikut ini adalah 7 destinasi wisata di Timor Leste yang tak boleh kamu lewatkan!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar